Combiphar: Mall to Mall Activation Bersama Insto Dry Eyes di Pulau Jawa

Brand activation agency Pradipta menjalankan aktivasi Insto Dry Eyes di mall dengan booth interaktif dan edukasi gejala mata kering.

Tantangan yang Dihadapi

Insto ingin meningkatkan awareness masyarakat terhadap gejala mata kering yang sering disepelekan, faktanya sekitar 27 – 30% orang Indonesia mengalami gejala sepet, perih, dan lelah, terutama di era digital di rata-rata orang menatap layar gadget lebih dari 6 jam per hari.

Untuk mengedukasi masyarakat lewat campaign “Gejala Mata SePeLe”, Insto membutuhkan brand activation agency dari strategi aktivasi, eksekusi operasional di lapangan, hingga produksi booth dan monitoring pelaksanaan di tiap booth agar pesan campaign tersampaikan dengan efektif dan engaging bagi pengunjung.

Eksekusi Program

Dari perencanaan sampai eksekusi untuk mencapai target yg diinginkan, Pradipta melakukan tahapan berikut saat delivery untuk Insto Combiphar: 

  1. Perizinan mall: koordinasi dengan pihak mall terkait lokasi, waktu pelaksanaan, dan regulasi operasional di area dalam mall.
  2. Desain & produksi booth: pembuatan booth berukuran 4×3 meter dengan elemen branding Insto Dry Eyes, dilengkapi dengan backdrop, meja display, form, dan permainan interaktif sebagai properti utama booth.
  3. Sales promotion outsourcing & penempatan: dengan kebutuhan 4 personel per shift (3 SPG + 1 maskot) di total 8 mall (Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta). 
  4. Training dan briefing:  tim mengikuti briefing produk knowledge Insto Dry Eyes dan talking point campaign “Gejala Mata SePeLe”, cara berinteraksi dengan pengunjung, mekanisme permainan interaktif, serta prosedur pengecekan mata menggunakan alat Myah Dry Eyes Tools.
  5. Property & gimmick: penyediaan kebutuhan operasional termasuk seragam tim, tablet, flyer, produk display, dan tote bag untuk hadiah customer.
  6. Mekanisme operasional di booth: setiap booth menghadirkan rangkaian retail activation:
    • Dry Eyes Check (Myah Dry Eyes Tools): pengecekan mata gratis disertai konsultasi dengan dokter mata di lokasi tertentu.
    • Fun & Interactive Game “Atasi Mata Sepet, Perih, Lelah”: permainan digital dengan hadiah total hingga Rp1 juta untuk pengunjung dengan poin tertinggi.
    • Survey & Flyering: pengisian survei digital melalui tablet dan pembagian flyer edukatif mengenai gejala mata kering dan solusi dengan Insto Dry Eyes.
    • Penawaran Spesial: hadiah tas hologram eksklusif untuk setiap pembelian 2 botol Insto Dry Eyes. Kesempatan mendapatkan doorprize menarik.
    • Maskot Insto: hadir di setiap lokasi untuk menarik perhatian pengunjung, menciptakan momen foto, dan memperkuat brand awareness.
  7. Monitoring: selain report performa dan kendala lewat WhatsApp, tim Pradipta juga melakukan monitoring langsung di setiap mall untuk memastikan aktivitas berjalan sesuai SOP dan brand message tersampaikan secara konsisten. 
  8. Evaluasi: kami juga memberikan evaluasi dan insights dari aktivitas yang berjalan di setiap venue seperti pencapaian, kendala, dan proses lainnya. 
Outsourcing company Pradipta menempatkan SPG/SPB untuk in-store cativation Insto Dry Eyes di Bandung.
Manpower outsourcing Pradipta menyiapkan tim SPG/SPB untuk aktivasi program Insto Dry Eyes di Jakarta.
Retail activation Pradipta mendorong pembelian Insto Dry Eyes dengan pengecekan mata kering gratis di mall Jakarta.
Sales promotion outsourcing Pradipta mengoptimalkan penjualan Insto Dry Eyes dengan pengecekan mata kering gratis di mall Bandung.

Hasil Program

Selama periode Activation Insto Roadshow Jawa dari bulan Juli – Desember, program berhasil melampaui target performa di beberapa aspek utama baik dari sales, survey, dan awareness.

Rata-rata penjualan booth mencapai 165% dari target, menunjukkan efektivitas strategi roadshow activation dalam mendorong pembelian langsung di booth.

Dengan rata-rata 2.200+ pengunjung per booth, aktivitas interaktif seperti Dry Eyes Check dan Fun & Interactive Game “Atasi Mata Sepet, Perih, Lelah” terbukti menjadi daya tarik utama yang meningkatkan interaksi dan perhatian pengunjung terhadap isu mata kering.

Selain itu, hasil brand survey menunjukkan partisipasi rata-rata 425+ responden per lokasi, menandakan keberhasilan campaign dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap Insto dan meningkatkan pemahaman tentang gejala mata kering dan solusinya. 

165%+

Penjualan tercapai

2.200+

Pengunjung per booth

32

Manpower

8

Mall

4

Kota

Other Case Studies

Open chat
Hello, Can i Help You ?