Ferrero: Sampling Selling Kinder Creamy di 32 Pasar

SPG dari brand activation agency Pradipta membagikan Kinder Creamy kepada pengunjung di pasar tradisional.

Tantangan yang Dihadapi

Kinder Creamy merupakan salah satu produk baru dari Ferrero yang belum dikenal luas oleh konsumen. 

Harga produk yang berbeda dengan Kinder Joy, menjadikan target utama dari produk ini ke General Trade.

Ferrero ingin meningkatkan awareness melalui aktivitas below the line di pasar dan kota besar seperti Jabodetabek, Medan, Surabaya, Denpasar, dan Batam.

Eksekusi Program

Untuk menjembatani tantangan Ferrero, Pradipta mensupport melalui persiapan aktivasi dari perizinan, recruitment, briefing & training, pengiriman logistik material promosi, sampai ke aktivitas sampling dan selling:

  • Rekrutmen dan penempatan manpower: total 21 manpower untuk aktivasi program di 5 kota besar. Komposisi setiap tim adalah 1 team leader dan 2 SPG. 1 PIC pusat untuk melakukan monitoring pelaksanaan program di seluruh kota.
  • Perizinan dan survei pasar: dilakukan 1–2 minggu sebelum program dimulai oleh team leader dan perwakilan tim, untuk memastikan titik-titik aktivitas sudah tepat dari segi lalu lintas pengunjung, waktu, dan potensi penjualan. Perizinan juga diajukan secara resmi ke pihak pengelola pasar.
  • Distribusi produk ke cabang: produk sampel dan jual dikirim terlebih dahulu ke kantor cabang Pradipta di tiap kota.
  • Penetapan target per pasar: menentukan target target penjualan dan jumlah interaksi konsumen untuk setiap area. Target ini disesuaikan dengan kondisi pasar dan estimasi traffic harian.
  • Distribusi POSM dan perlengkapan: tim membawa materi promosi seperti roll banner, meja event, event desk, dan alat bantu penjualan dari kantor pusat untuk memaksimalkan visibilitas brand di area pasar.
  • Penyesuaian strategi di lapangan: Tim melakukan penyesuaian cepat seperti perpindahan venue saat menghadapi cuaca buruk atau kegiatan budaya lokal seperti hari raya di Denpasar, yang mempengaruhi jumlah pengunjung pasar. 
Aktivitas sampling selling Kinder Creamy oleh tim retail activation Pradipta di pasar.
SPG Pradipta mengedukasi orang tua dan anak tentang keunggulan Kinder Creamy di pasar.
Aktivitas push selling dan sampling Kinder Creamy di pasar tradisional oleh event management agency Pradipta.
Tampilan produk Kinder Creamy di pasar tradisional selama brand activation oleh Pradipta.

Hasil Program

Selama event aktivasi di 32 pasar di Jabodetabek, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Batam, program ini berhasil mencapai penjualan 14.000+ pcs Kinder Creamy dengan omset lebih dari Rp77+ juta.

Sebanyak 97k+ sampel Kinder Creamy dibagikan supaya konsumen bisa langsung tahu keunikan rasa dan keunggulan produknya.

Jabodetabek menjadi area dengan penjualan tertinggi mencapai Rp32+ juta.

Penjualan ini menunjukkan bahwa aktivasi langsung bukan hanya soal distribusi produk, tapi menciptakan awareness, interaksi, produk trials, dan pengalaman untuk mendorong penjualan di target tempat. 

Melalui aktivasi yang interaktif dan terukur, Ferrero tidak hanya memperkenalkan Kinder Creamy ke pasar, tetapi juga membuka peluang distribusi ke tenant  dan meningkatkan demand di area target.

21

Manpower

32

Pasar

14k+

Produk terjual

97k+

Sampel dibagikan

Other Case Studies

Open chat
Hello, Can i Help You ?