Want Want: Menjangkau 12k+ Murid di Aktivasi School to School Nasional
TANTANGAN YANG DIHADAPI
Sejak brandnya berdiri dari 1962, Want Want sudah menjangkau target marketnya hingga Internasional dan sekarang mencakup 63 negara berbeda di 6 benua.
Want Want mulai masuk ke Indonesia tahun 2022 dan memperkenalkan produknya sebagai makanan ringan (Bolabee, Balamoo, Ricepop, dll) dan minuman perasa (O’Pao dan Yogurt), yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan proses yang higenis.
Selain terus memperluas distribusi produknya, Want Want juga ingin berfokus menjangkau target marketnya secara spesifik, yaitu anak-anak sekolah.
Tujuannya adalah untuk meningkatkan awareness salah satu produknya, O’Pao, sebagai langkah strategis untuk bersaing dengan kompetitor di Indonesia.





EKSEKUSI PROGRAM
Langkah awal yang kami lakukan adalah diskusi dengan Want Want untuk memutuskan urutan prioritas kota yang akan dijangkau dan membuat proposal untuk perizinan sekolah dengan detail dan aktivitas.
Survei ke sekolah-sekolah di 6 kota (Lampung, Pekanbaru, Jakarta, Malang, Surabaya, dan Denpasar), tempat program akan di eksekusi.
Total sekolah yang tim surveyor kami melakukan perizinan ke sekitar 40+ sekolah dengan kriteria yang diharapkan oleh Want Want.
Pemilihan manpower yang berkualitas penting untuk mencapai goal klien kami. Melalui proses recruitment dari tim HR, diperoleh 30 manpower yang bertugas sesuai kualifikasi dari 60+pelamar yang mendaftar.
Setiap manpower berdomisili sesuai target kota dengan role: 2 SPG + 2 SPB + 1 TL + 1 Pesulap untuk setiap sekolah, yang kemudian dibekali dengan briefing dan training sebagai persiapan sebelum ke lapangan.
Tim Pradipta mengusulkan pembelian paket produk O’Pao dengan gimmick seperti tempat pensil, notes, dan kipas angin.
Dengan audiens anak-anak SD, kami melakukan pendekatan dengan interaksi bersama murid-murid melalui aktivitas performa sulap, cerdas cermat antar kelas, dan pembagian sample varian O’Pao di sekolah-sekolah.
Setiap TL di area melaporkan aktivitas dan hasil setiap event yang sudah berjalan, kemudian tim operasional kami mendata dan merekap seluruh hasil program dari semua area untuk Want Want.
HASIL PROGRAM
Selama kurang lebih 2 bulan event berlangsung, tim kami berhasil menjangkau 25 sekolah secara nasional untuk memperkenalkan keunggulan O’Pao kepada murid-murid sekolah dan branding di kantin.
12k+ murid antusias mengikuti kegiatan event dan mencoba langsung sampel produk O’Pao. Rata-rata jumlah produk terjual dari semua sekolah mencapai 1.6k+ pcs dengan rasio penjualan vs sampling 80%.
Kita berhasil membagikan paling banyak sampel di 5 sekolah di Jakarta, mencapai 2.8k+ cups dengan jumlah produk terjual mencapai 2.7k+ pcs O’Pao.
Walaupun jumlah sampel produk yang dibagikan lebih sedikit di sekolah Denpasar (1.8k+ cups) dibanding Jakarta, tim kita berhasil menjual 2.6k+ pcs O’Pao di 5 sekolah yang kita jangkau di Denpasar.
Berikut statistik hasil program secara keseluruhan:
- Lokasi: Lampung, Pekanbaru, Jakarta, Malang, Surabaya, dan Denpasar
- Sampling: 12k+ cups sampel O’Pao berhasil dibagikan
- O’Pao yang didistribusikan: 9.7k+ pcs atau mencapai 270 karton
- Penjualan: 24+ juta
- Penjualan paket: 1.2k+ pcs (tempat pensil, notes, dan kipas)